welcome in my blog

welcome in my blog

Kamis, 28 Februari 2013

Nokia Yakin Windows Phone Bakal Kalahkan Android



Jumlah pangsa pasar yang dimiliki oleh Windows Phone saat ini memang masih sangat kecil. Lembaga riset International Data Corporation (IDC) mencatat, pada akhir tahun 2012 lalu, pangsa pasar sistem operasi mobile buatan Microsoft tersebut hanya mencapai 2,6 persen secara global.

Ya, nilai tersebut memang sangat kecil apabila dibandingkan dengan Android yang mencapai 68,3 persen dan iOS dengan 18,8 persen. Namun, banyak pihak yang optimistis Windows Phone akan bangkit dan menjadi nomor satu dalam beberapa tahun mendatang.

Salah satu yang percaya akan hal tersebut adalah Stephen Elop, CEO Nokia. Kepada jurnalisBloomberg, Elop menyampaikan tanggapan soal masa depan Windows Phone. Ia memprediksi Windows Phone akan menjadi nomor satu di masa mendatang.

"Ini (Windows Phone) bisa saja menjadi sistem operasi mobile terbesar di dunia," kata Elop.

Meski begitu, Elop sadar benar, dari sudut pandang perusahaan Nokia, ada banyak hal yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk menjadikan Windows Phone sebagai nomor satu. Salah satunya, Nokia harus bekerja sama lebih erat dengan Microsoft.

"Kami punya banyak pekerjaan untuk dilakukan, bersama-sama dengan Microsoft, untuk membuat hal tersebut terjadi," jelas Elop.

Dikutip dari Neowin, Kamis (28/2/2013), saat ditanya mengenai prediksi kapan cita-cita tersebut dapat terwujud, Elop menjelaskan bahwa mereka sudah memiliki target secara internal, tetapi menolak untuk mengungkapkan target pastinya.

Beberapa lembaga survei sendiri, termasuk IDC, sudah memproyeksikan peningkatan yang akan dialami oleh Windows Phone di masa yang akan datang. Namun, peningkatan tersebut tetap saja tidak akan mendongkrak Windows Phone ke posisi pertama.

Menurut prediksi IDC, pada tahun 2016 mendatang, pangsa pasar Windows Phone akan mencapai posisi ketiga dengan 11,4 persen.

Jadi, dapatkah Windows Phone menjadi penguasa dunia smartphone di masa yang akan datang, melampaui Android dan iOS? Kita tunggu saja.

Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar